Home » PROFIL PESANTREN

PROFIL PESANTREN MODERN BAITURRAHMAN

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, Maha Pengatur Rahmat, Kasih Sayang dan Hidayah-NYa. ShaIaWat dan salam dipersembahkan kepada Nabi Muhammad saw. yang membawa risalah Islam dan dilanjutkan oleh umatnya yang soleh nan gigih di tengah-tengah masyarakat modern madani sekarang ini.

Pesantren Modern Baiturrahman telah hadir dan berdiri di tengah-tengah masyarakat yang tengah menuju “masyarakat madani’. Hal tersebut tidak terlepas dari cita-cita luhur K.H. Salimuddin, MA., alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, tahun 1980.

Sejak Buya Salimuddin kembali ke tanah air indonesia tahun 1981, setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi al Azhar University Kairo, beliau terdorong ingin mengabdi kepada masyarakat melalui pembinaan pendidikan dakwah, sosial dan ekonomi dalam bentuk lembaga pesantren.

Cita-cita luhur beliau itu mendapat dukungan isterinya, ibu Dra. Hj. Iin Sakinah yang selalu mendampingi perjuangan beliau. Pada tahun 1982, cita-cita luhur itu beliau tuangkan dengan mendirikan Masjid Baiturrahman I di kampung kelahirannya. Masjid ini bermula dari sebuah mushola kecil yang dibangun oleh kakek beliau sendiri.

Masjid Baiturrahman 01

Cita-cita untuk mendirikan pesantren belum pernah terlupakan dalam benak Buya Salimuddin yang memiliki dua orang putera dan satu puteri ini. Ketiga anak beliau sejak anak-anak terlibat langsung activ mengikuti akan cita-cita suci itu. Bahkan boleh dikatakan selalu terukir dengari tinta emas dalam benaknya dan segala aktifitasnya selalu dikaitkan dengan cita-cita mendirikan pesantren.

Buya Salimuddin, Istri dan Putra-putrinya

Cita-cita BeIiau ingin mendrikan Iembaga Pesantren di ungkapkan dalam bentuk semboyan:“Dimana pun bumi ALLAH, hamba berhak hidup dan di mana saja rumah hamba, di sanalah cita-cita luhur mendirikan pesantren bermula”

Pada 1986, Allah SWT mentakdirkan dengan rahmanan nya kepada Buya Salimudin untuk mendapatkan sebuah rumah milik sendiri di Komplek Margahayu Raya Bandung

Di sanalah beliau memulai mempelopori pendirian Masjid Al-lkhwan yang cukup megah bersama masyarakat Buya Salimudin mulal berkonsentrasi penuh sebagaimana semboyannya, yaitu Berusaha merealisasikan cita-citanya meridirikan pesantren”

Setiap malam beliau berdoa munajat kepada Allah SWT. Agar cita-citanya itu menjadi kenyataan, bahkan beliau menyusun doa-doa mustajab yang sesuai dengan AL- Quran dan As Sunnah, yang ditulisnya setiap selesai tahajjud selama 3 bulan. Penyusunan doa munajat ini disesuaikan dengan adab-adab dalam berdo’a/ berdzikir menurut syari’at lslam,dan materi doa itu diambil dalam Al Quran, Ai hadist, Asmaul A’zham, Asmaul Husna, doa para nabi a.s, shalawat kepada Nabi Muhammad saw. dan doa orang-orang soleh. Doa-doa itu kemudian beliau amalkan bersama para santri dan jama’ah musilmin– muslimat, yang pada pokoknya merupakan salah satu usaha untuk menunjang pendirian pesantren.

PROFIL PENDIRI PESANTREN

KH. Salimuddin

KH. Salimuddin, MA lahir di Kampung Walukon-Mancak Kab. Serang- Propinsi Banten pada 5 Juni 1951 dan keluarga sederhana, keluarga yang sangat memegang teguh tradisi islami, semasa kecilnya beliau telah akrab dengan kehidupan pesantren karena pendidikannya yang tidak lepas dari Iingkungan pesantren.

Selepas pendidikan di Indonesia,yakni lulus perguruan Islam Al-Khoiriyyah dan AIQ / IAIB ( Institut Agama Islam Banten), beliau mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Al Azhar, Cairo, Mesir sampai selesai dan mendapat gelar (LC) dalam jurusan Da,wah dan Sejarah Kebudayaan Islam serta gelar DIPL dan  gelar Magister (MA) Spesialis Sosiologi dari Institute of Islamic Studies Zamalek Cairo.

Tahun 1981 kembali ke Indonesia, dan mengabdikan hidupnya di bidang Da’wah, Pendidikan dan kegiatan Sosial lainnya yang berkaitan dengan Pembinaan Umat. Berawal sebagai guru / ustadz di Madrasah Aliyah Al-Khaeriyah Delingseng Serang, secara bertahap karirnya sebagai pendidik terus meningkat sesuai dengan prestasinya yang diakui oleh masyarakat ilmiah. Adapun karir di bidang pendidikan yaitu:

a: Guru delingseng — Cilegon – Banten

b. Dosen di lAIN serang

c. Dosen dan Direktur Bidang Kemahasiswaan Akademi Ilmu Al- Qur’an/ IAIB Serang

d. Perintis/ Pendiri Madrasah Al- Mansuriyah Gegerkalong Kota Bandung, Mesjid AL- lkhwan Margahayu Raya,

Masjid Baiturrahman 01 Walukon Serang, Mesjid AsSalimiyah 02 Ujungberung Kota Bandung dan Masjid AsSalimiyah 03 Cisarua Lembang Kab. Bandung

e. Dosen IKIP/UPI Bandung

f. Dosen STIMIK, Jakarta

g. Dosen UNPAS Bandung

ii. Dosen UNINUS Bandung

I. Perintis/pendiri, Dosen dan Dekan I Fakultas Ushuluddin UNINUS Bandung

j. Perintis/pendiri, Dosen dan Dekan Fakultas Agama Islam

UNINUS

Selain aktif di bidang pendidikan, KH. Salimuddin, MA aktif pula di organisasi , yaitu:

a. Pengurus Mul-Kota Bandung

b. Pengurus FK KBIH Kota Bandung

c. Ketua KBIH Baiturrahman

d. Pengurus MUI-Jawa Barat

e. Pengurus FKPP Kota Bandung

f. PINBUK-JawaBarat

g. Ketua BKSPP Indonesia Perwakilan Jawa Barat.

h. WakiIketua PGDS RI

I. Presiden  Eksekufif BAS Tour&Travel lnternasional

Prestasinya dalam bidang pendidikan dan Pengabdian Sosial pada Masyarakat luas telah mendapat pengakuan dengan dianugerahinya penghargaan sebagai tokoh masyarakat Peduli Lingkungan dari pemerintah pada tahun 2000, memperoleh gelar Doktor (DR) dalam bidang sosial (1989), gelar Profesor (Prof) dalam bidang manajemen (2002).

Penghargaan aktivis pesantren (Syaekh) dari Academy of Islamic Rushaefah Makkah, penghargaan Citra ManajemenAward 2002 dari LIPI, ASEAN Best Executife Awards 2002 dan Internasional Best Leadership Awars 2003” dari International Human Resources Deplopment ( IHRDP ) serta penghargaan Islamic World Award 2005 dari Menteri Sosial RI.

Prof .DR KH. Salimudin, MA pernah berkecimpung di dunia politik dan ikut salah satu partai politik dengan jabatan Ketua untuk wilayah Jawa Barat, tetapi panggilan jiwa sebagai pendidik Iebih kuat, maka jabatan tersebut beliau lepaskan dan kembali ke pesantren.

Dalam kesibukannya Buya KH. Salimudin adalah seorang ayah (Buya) bagi dua orang putra dan satu orang putri, mereka adalah buah hati dan pernikahannya deigan Dra.Hj. Iin Sakinah, M.MPd yang dinikahinya pada tahun 1981 di Serang, puteri seorang ulama, Guru Besar dan tokoh masyarakat Banten yang sangat di hormati yakni Prof. KHM. Syadeli Hasan.

Kesederhanaan beliau juga sebagai orang tua bagi para murid,para ustaDZ,para kiyai  dan Iingkungannya sehingga panggilan Buya menjadi hal biasa bagi dirinya, maka akrablah beliau dengan panggilan Buya Salimudin atau Buya Salim.

Buya KH. Salimudin telah mempunyai hubungan baik dengan Pesantren/ Lembaga Pendidikan di luar negeri, khususnya Arab Saudi dan beliau mempunyai Guru Ulama Besar Kerajaan Arab Saudi Sayyid Muhammad Alawi Al Maliky Al Hasany, dan Pesantren Modern Baiturrahman yang didirikannya mendapatkan pengakuan sebagai cabang Academyof Islamic Rushaefafi, MakkahAl- Mukarromah.B

 MOMENTUM BERDIRINYA PESANTREN 

Sebagaimana cita-citanya sejak awal untuk mendirikan pesantren yang modern, maka sejak kepindahan Buya Salimudin ke Bandung cita-cita tersebut mulai dirintis, bermula dari pengajian ibu-ibu di Rumah Buya lantai atas yang berukuran 7 x 3,5 m2 di Komplek Perumahan Margahayu Raya Bandung yang di adakan setiap hari Selasa dan Sabtu yang di hadiri oleh sekitar 33 orang, serta pengajian pendalaman Al- Qur’an bagi santri yang saat itu baru berjumlah 17 orang yang merupakan embrio perwujudan cita-cita beliau untuk mendirikan Pesantren, cita-cita mulia bermula sejak beliau datang dan tugas belajar di Mesir tahun 1981.

Rumah Buya K.H. Salimuddin Ali Rahman

Dengan modal awal sebesar Rp 20.700,00 yang berasal dari kotak amal pengajian ibu-ibu Qolbun Salim, maka pada tanggal 27 Rajab 1409/ 5 Maret 1989 M, didirikanlah Pesantren AI-Qur’an Baiturrahman, kemudian seiring dengan perkembangan zaman maka diresmikanlah nama baru bagi Pesantren tersebut yaitu Pesantren Modern Baiturrahman yang bergerak dalam Pembinaan, Pendidikan, Dakwah, Sosial dan Ekonomi.

Mengapa nama pesantren ini Baiturrahman?. Kata Baiturrahman diambil dan akar kata: Bait yang berarti rumah (yakni rumah beliau) dan kata Rahman diambil dan nama orang tua beliau yaitu Ali Rahman yang juga merupakan salah satu nama Allah yang baik (Asmaulhusna). Jadi Baiturrahman berarti rumah Ali Rahman (sebagai perwujudan birrul walidaini berbakti kepada kedua orang tua beliau) dan juga sebagai simbol dan keagungan rumah Allah (Baitullah/ Ka’bah)

Untuk payung Pesantren Modern Baiturrahman, maka didirikanlah Yayasan Baiturrahman pada tanggal 1 Ramadhan 1409/30 Maret 1989 M dengan akte Notanis H. Masri Husen, SH. No. 103, terdaftar pada Pengadilan Negri Bandung No. 142 dan Berita Negara RI No.94, tanggal 18 Juli 2000, di Jakarta.

Kemudian yayasan mengikuti perubahan untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah, maka nama yayasan menjadi Yayasan Baiturrahman Ad Dualy dengan akte notaris Hj. Amalia Ratnakomala, SH. No. 02, tanggal 12 November 2007 M/2 Djulhijah 1428 H dan telah terdaftar pada kantor departemen HUMHAM No. AHU-AH.01.08-133 dalam rangka penyesuaian dengan fasal 71 ayat (3) Undang-undang No.28 tahun 2004

ARTI LOGO DAN LAMBANG PESANTREN DAN YAYASAN

 Logo Pesantrn modern Baiturrahman dan Yayasan Ad-dualy
 
Ka’bah, menara dan kubah masjid Madinatul Munawwarah diatas kitab suci Al Quran dan dikelilingi oleh padi dan kapas dalam Iingkaran bergerigi.
 

WARNA DAN ARTI LAMBANG

Ka’bah: Berwarna hitam melambangkan tekad kuat untuk tetap mengabdi kepada Allah SWT dalam setiap aktifitas.

Menara: warna hitam melambangkan semangat dan cita-cita yang tinggi untuk membina Insan Kamil sebagai pengabdian kepada Allah SWT

Kubah: Berwarna hijau melambangkan semangat untuk tetap memperjuangkan izzui Islam wal muslim menegakkan asma Allah.

Padi: Berwarna kuning emas melambangkan kedamaian dan kesejahteraan.

Kapas: Berwarna hijau melambangkan kepedulian terhadap sesama dan memberikan bimbingan dan pengasuhan

Garis lingkar bergerigi : Berwarna biru adalah kesatuan tekad untuk mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

 ARTI KESELURUHAN LAMBANG PESANTREN MODERN BAITURRAHMAN

Dengan tekad dan pengabdian kepada sang Khollq, Pesantren Modern Baiturrahman berupaya menegakkan nilai-nilai Islam yang luhur untuk meningkatkan kesejahteraan umat melalui gerakan pelayanan dalam  berbagai bidang kehidupan agar dapat mewujudkan pembangunan masyarakat yang unggul dalam intelektual, spiritual dan moral dengan berpegang teguh kepada tuntunan Allah SWT, dan Rasul-Nya


YAYASAN BAITURRARMAN AD-DUALY

Yayasan Baiturrahman Ad- Dualy didirikan selain untuk memayungi juga sebagai badan perencanaan arah dan kebijaksanaan Pesantren Modern Baiturrahman dimanapun berada, hal ini penting mengingat keberadaan pesantren yang telah menyebar ke beberapa tempat dan wilayah di tanah air ini. Dan tidak tertutup kemungkinan sampai di luar negeri. Jadi selain perencanaan lokal dan regional, yayasan pun harus mempunva visi global.

Untuk mengantisipasi hal tersebut yayasan didirikan pada tanggal 1 Ramadhan 1409 H/30 Maret 1989 dihadapan Notaris H. Masri Husen, No.103 dengan Pengurus sebagai berikut:

1. DR. KH.Salimudin, MA

2. Dra. Hj.lin Sakinah, MM.Pd

3. Drs. H.Rohari Thoha, Mli

4. dr. H.Ahmad Iffa Maududy, Mli

5. H. Muhamad Rif,at Syadli, S.Sos. I, Mli

6. Hj. Ratu Laeli Lubbia, Mli

Kemudian yayasan mengikuti perubahan untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah, nama yayasan di ubah menjadi yayasan baiturrahman addualy dengan akte notaris Hj. Amalia Ratnakomala, SH. No. 02, tanggal 12 November 2007 M/2 Djulhijah 1428 H

Dan telah menyesuaikan struktur organisasi yang lebih antisipatif terhadap perkembangan dunia, dengan demikian diharapkan  akan lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan tersebut.

MAKSUD DAN TUJUAN YAYASAN

a. Di bidang keagamaan:

1). Mendirikan sarana ibadah

2). Menyelenggarakan Pesantren dan Madrasah dengan segala kegiatannya

3). Menerima dan menyalurkan amal zakat, infaq, dan shodaqioh.

4). Meningkatkan pemahaman keagamaan

5). Melaksanakan syiar keagamaan

6). Menyelenggarakan bimbingan Manasik Haji dan Umrah

7). Menyelenggarakan studi banding keagamaan.

b. Di Bidang Sosial:

1) Menyelenggaran dan mendirikan Rumah sakit, poliklinik dan laboratorium.

2) Mendirikan dan menyelengganakan penelitian di bidang ilmu pengetahuan.

3) Mendirikan dan menyelenggarakan pembinaan olah raga

4) Mendirikan dan menyelenggarakan study banding.

5) Menerbitkan dan menyebarkan buku-buku pelajaran/ pengetahuan, majalah, buletin dan harian sebagai lembaga ilmu pengetahuan guna membentuk public opini.

6) Mendirikan dan menyelenggarakan lembaga formal dan non formal

7) Mendirikan dan menyelenggarakan panti asuhan, panti jompo dan panti wreda

Di bidang kemanusiaan

1) Memberikan bantuan kepada korban bencana alam.

2) Memberikan bantuan kepada pengungsi akibat perang.

3) Memberikan bantuan kepada tuna wisma, fakir miskin dan gelandangan.

4) Memberikan perlindungan konsumen.

5) Melestarikan lingkungan hidup.

  MAKSUD DAN TUIJUAN PESANTREN

a. Pendalaman Al-Qur’an dan Hadist Nabawi.

b. Penyebaran wawasan ke-Islaman.

c. Pengembangan bidang Da’wah, llmu dan Sosial Ekonomi.

d. Membentuk dan membina jiwa Kewiraswastaan dan Teknokrat.

e. Memberikan Beasiswa/ santunan pendidikan kepada yatim piatu, dhu’afa dan fakir miskin yang mempunyai himah belajar

f. Turut serta mencerdaskan masyarakat yang adil dan makmur melalui pendidikan formal,non formal dan informal.

Perjalanan panjang sejarah Baiturrahman tidak terlepas dan cikal bakal yakni dan sebuah Mushala kecil yang dibangur oleh kakek beliau di tempat kelahirannya di Serang kemudian oleh buya salimuddin, Mushola tersebut dibangun menjadi Mesjid Baiturrahman 01 sebagai embrio cita-cita mendirikan pesantren.

PERKEMBANGAN PESANTREN MODERN BAITIJRRAHMAN

Sebagaimana  cita-cita awal Buya Salimudin untuk mengabdikan dirinya  dalam bidang Pendidikan, khususnya yang bebasis Islam. Pesantren Modern Baiturrahman  sebuah perwujudan dari cita-cita Buya Salimudin, dimana pendalaman keilmuan yang merupakan sarana untuk pengabdian kepada Allah SWT Yang Maha kuasa  Pembari Rahmat bagi Alam Semesta….. ltulah Pesantren Modern Baiturrahman yang sedang dikembangkan untuk dapat Mewarnai  kehidupan di muka bumi ini. Berawal dari sebuah Mushola  yang sederhana ditempat kelahirannya (Sereng), Mesjid Baiturrahman 01 telah berkembang menjadi Pesantren yang modern dan telah tersebar di beberapa tempatditanah air ini yakni:

A. PESANTREN TINGGI BAITURRAHMAN 01

Margahayu Raya Kota Bandung

Pesantren Tinggi Baiturrahman 01

Terletak di komplek  Perumahan Margahayti Raya, Kel. Sekajati kec.Buahbatu Kota Bandung di atas tanah wakaf keluarga buya Salimuddin. Pembangunan Pesantren Tinggi Baiturrahman dimulai pada 10 Muharram 1415 H/  9 Mei 1995 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Rektor UNINUS Prof. Dr. H. Tb. Abin Syamsuddin dan. Buya Salimuddin sebaga pimpinan Pesantren Modern Baiturrahman juga sebagai penggagas awal.

Pesantren Tinggi Baiturrahman ini merupakan bangunan bertingkat empat. Lantai pertama sebagai tempat Pengajian dan kantor pusat Yayasan,KBIH ,BASTour& Travel  serta lantai atas merupakan tempat tinggai santri.

Selain membina pengajian ibu-ibu, pada awalnya pesantren ini lebih  banyak membina santri mahasiswa yang berasal dan berbaga Perguruan Tinggi yang ingin mendalami agama Islam secara aktual berupa pendalaman dan penghayatan yang dibimbing langsung oleh Buya Salimudan.

B. PESANTREN MODERN BAITIJRRAHMAN 02

Ujungberung Bandung

Asrama Santri Baiturrahman

Tenletak di kawasan kaki gunurig manglayang, Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung di atas tanah seluas 7.275 m2, tanah tersebut merupakan wakaf dan keluarga Marwan Kusumah, Direktur Utama PT. Pillar Nusa Lima di Bandung, dan seluas 2.949 m2 wakaf dan masyarakat, sehingga total tanah wakaf adalah 10.224 m2.

Pembangunan Tepat pada tanggal 18 Shafar 1429. H/ 27Januari 2008 Alhamdulillah Pesantren Modern Baiturrahman 02 diresmikan oleh H.Dada Rosada, SH, Msi, Walikota Bandung dan ditandai dengan acara penyambutan kedatangan jama’ah haji bimbingan Baiturrahman angkatan tahun 2007 dan Tanah Suci Makkah.Semoga simbolis mi sebagai langkah awal untuk menuju kepada yang Iebih baik bagi ke-maslahatan Umat dalam menegakkan yang hak dan menghapus kebatilan AMIN.

C. PONDOK PESANTREN BAITURRAHMAN 03

Cisarua kab. Bandung Barat

Asrama Pon Pes Baiturrahman 03

Pesantren yang terletak di kawasan lembang ini tepatnya di DesaTugu Mukti, Kec. Cisarua Kab. Bandung Barat daerah yang berhawa dingin, di atas tanah wakaf seluas 2540 in2 dari masyarakat.

Tepat pada tanggal 12 Rabi’uI Awal 1420 H /  26 Juni 1999 dilaksanakanlah peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Assalimiyah Pesantren Baiturrahman oleh Camat Cisarua yang didampingi Buya Salimuddin.

Sebagaimana tradisi di Pesantren Baiturrahman Iainnya, biaya pembangunan inipun berasal dari zakat mal, infak, sedekah jama’ah Baiturrahman dan masyarakat muslim Iainnya serta hibah, amal jariah dan pihak pemerintah maupun swasta yang tidak mengikat.

Kegiatan Pesantren tersebut dititikberatkan pada pendidikan dan pendalaman Islam untuk masyarakat golongan kurang mampu dan santri dari daerah dengan beasiswa dan Yayasan Baiturrahman. Disamping itu juga memberi modal usaha kepada pedagang kecil I dan menengah.

D. PESANTREN BAITURRAHMAN 04

Griya Bandung Indah Kab.Bandung

Gedung Pesantren Baiturrahman 04

Dalam suasana kehidupan masyarakat komplek yang heterogen berdirilah Pesantren Modern Baiturrahman 04 yang berlokasi di Komplek Perumahan Griya Bandung lndah Desa Buahbatu Kec. Bojongsoang Kabupaten Bandung, Pesantren ini Iebih memfokuskan pada pendidikan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), Taman Kanak-kanak ( TK ) Modern , Play Group dan Sekolah Dasar. Selain itu juga membina para santri khusus mahasiswi, dan membina Majelis”Qolbun Salim” untuk Masyarakat.

E.PESANTREN MODERN BAITURRAHMAN 05

Griya Bandung Asri Barat

Gedung Pesantren Baiturrahman 05

Konsentrasi pembinaan meliputi:

1. Tarbiyatul Ma’had Lii Mu’allim (TMM)

2. Keluarga santri Baiturrahman (KSB)

3. Majlis Qolbun Salim (MQS)

4. Taman Kanak-kanak (TK) Assalimiah

5. Madrasah Diniyah Awaliah ( MDA) dan TPA

6. Pendidikan Anak Usia dini (PAUD)

7. Sekolah Dasar (SD), dalam proses

F. PESANTREN BANI SALIM/BAITURRAHMAN 06

Rancamanyar Kopo Kab. Bandung

Gedung TK Bani Salim

Pesantren Bani Salim Kp. Nusa Desa Rancamanyar Kec. Bale Endah Kab Bandung Hp. 081321386221

Pimpinan: Drs. H. Ahmad Kholid, Mli
Konsentrasi pembinaan meliputi :
1. Pembinaan para Santri
2. TK Bani Salim
3. Madrasah Diniyyah
4. TPA Bani Salim
5. Majlis Ta’lim
6. Wira usaha Konveksi Pakaian Seragam Sekolah

G. PESANTREN BAITURRAHMAN 07

Cirenti Kab. Sengingi Propinsi Riau

Majlis Ta’lim Baiturrahman Kecamatan Cirenti kabupaten Sengingi Propinsi Riau Pimpinan: K.H. Syarkowi, Mli

 

H. PESANTREN BAITURRAHMAN 08

Dukuh Ciwandan Cilegon Banten

                                                            

Pesantren Baiturrahman 08 Jl S Bonang Link, Dukuh rt/rw 08/03 Kel. Banjar Negara Kec. Ciwandan Kota Cilegon Propinsi Banten
Konsentrasi Pembinaan:
1. Pembinaan para santri
2. Pembinaan para ustadz/ustadzah
3. Madrasah Diniyah
4. Madrasah Diniyah Al-Islamiyah
5. Majlis Ta’lim Ibu-ibu
6. Pembinaan keluarga sakinah mawadah wa rahmah

Madrasah Diniyah Islamiah Baiturrahman 08

I. PESANTREN BAITURRAHMAN 09

Pondok Pesantren Baiturrahman Kampung Sambilandak Kecamatan Mancak Kabupaten Serang Propinsi Banten (dalam proses)

Pimpinan: Muhamad Juhdi   


11 Responses

  1. dadang sadili

    ass wr wb yth bp pengurus pontren, mohon informsi tentang penerimaan santri baru dan rincian biaya, terima kasih
    jazakauloh heron kasiro. amin ya rabal alamin

  2. ayi

    Ass..Ust mhn maaf tanya kalau ponpes yg dicisarua ada SMP nya g. trims wassa

  3. nunung

    Maaf pak? Bagai mana pesantren untuk sma nya? Bisa kah pak? Trus bagaimana dengan biaya nya?

  4. intan

    no tlp yg bisa dihubungi brp ya?

  5. Nurbani Syifa

    asslamualaikum ustad , saya mahasiswa UIN Bandung di cibiru , apakah di pondon ini menerima sukarelawan tenaga engajar atau pengurus santri ? jika bisa saya mohon infonya ke nmr 085956072902

    syukron katsiron ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>